Selasa, 12 Oktober 2010

otak dalam kehidupan sehari-hari

Saya pernah membaca artikel tentang otak, di dalam artikel tersebut disebutkan bahwa "Ketika Anda Merubah Otak Anda, Anda Merubah Hidup Anda".
Otak menentukan bagaimana kita berpikir, merasakan, dan bertingkah laku. Otak mempengaruhi bagaimana kita menyikapi yang sudah terjadi, menyikapi yang akan kita jalani, dan membentuk masa depan kita. Kondisi otak kita sangat menentukan pikiran dan tingkah laku kita. Konsentrasi, tekanan, energi, suasana hati, kebiasaan, perilaku, reaksi, dan lain-lain merupakan kondisi otak kita.
Di dalam artikel tersebut juga di sebutkan bahwa Jaringan otak manusia menghasilkan gelombang listrik. Gelombang listrik ini disebut brainwave atau gelombang otak. Pada tahun 1929, Hans Berger, seorang psikiater Jerman, menemukan Electro Encephalograph (EEG) yang bisa digunakan untuk mengukur gelombang listrik yang dihasilkan otak.
otak manusia menghasilkan empat jenis gelombang otak secara bersamaan, yaitu Beta, Alpha, Tetha, Delta. Misalnya jika kita tertidur, maka gelombang otak yang dominan adalah Delta. Gelombang otak alpha di pergunakan pada saat aktivasi otak tengah. Gelombang otak Alpha yaitu gelombang otak yang muncul dominan pada saat kita dalam keadaan relax dan paling kreatif. Gelombang otak ini biasanya dominan pada saat kita bangun tidur. Pada dasarnya, gelombang tersebut terletak di bawah hidung. Dan gelombang tersebut hanya mampu mendeteksi benda yang terletak sedikit di bawah hidung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar