Senin, 07 Oktober 2013

TUGAS 1 SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI

Tugas 1

Sistem Informasi Psikologi 

A. Pengertian Informasi 

Bagaimana pengertian informasi sehingga dapat berinteraksi dengan sistem ?

Informasi merupakan data yang telah diklasifikasikan atau diolah atau diinterpretasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Informasi dapat diartikan sebagai peristiwa-peristiwa tertentu atau situasi yang telah dikumpulkan atau diterima melalui proses komunikasi ataupun didapatkan dari berita. Selain itu, informasi juga dapat di katakan sebagai pengetahuan yang didapatkan dari pembelajaran, pengalaman, atau instruksi. Sedangkan sistem itu sendiri merupakan suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi untuk mencapai suatu tujuan. Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa Yunani (sustēma). Secara sederhana, suatu sistem dapat diartikan  sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain, dan terpadu. 

Secara keseluruhan dari penjelasan diatas dpat di simpulkan dengan blok diagram di bawah ini :

informasi => sistem => informasi yang diterima (input) => pengolahan informasi (proses) => data yang dihasilkan (output)



B. Pengertian Sistem Informasi Psikologi 

Bagaimana penggunaan sistem informasi dalam psikologi ?

Aspek psikologis dalam perkembangan Organisasi berbasis Sistem Informasi Psikologi didefinisikan sebagai kajian ilmiah tentang tingkah laku dalam proses mental organisasi. Aspek psikologi sebenarnya lebih mengarah kepada manusia sebagai pengguna sistem informasi yang ada. Informasi disini saya ambil contoh tentang penggunaan komputer beserta aplikasinya dalam bidang psikologi itu sendiri, sebagai berikut :

1.  Penggunaan komputer dalam pembuatan software-software untuk bidang psikologi. Misalnya saja, di perusahaan sekarang ini banyak menggunakan software tentang alat tes agar waktu yang digunakan dalam menyeleksi calon karyawan baru lebih cepat dan efisien, serta tidak membuang tenaga para penyeleksinya juga.

2. Dalam penggunaan software dari microsoft office, dimana yang dahulunya kita harus memakai mesin ketik untuk membuat surat atau membuat tulisan kita agar lebih rapih, tapi sekarang berkat adanya komputer dan sistem informasi maka pekerjaan kita untuk membuat surat atau tulisan yang lain lebih cepat dan bahkan lebih rapi.

Contoh kasus :

Adanya konseling online yang sudah ada dan sering di pergunakan oleh masyarakat untuk lebih memudahkan proses konseling.

Analisa : dengan adanya proses konseling ini, individu yang membutuhkan “pertolongan” akan lebih mudah melakukan proses konseling tanpa harus pergi jauh-jauh ke tempat psikolog tersebut. Selain memudahkan, dengan adanya proses konseling ini lebih akan menghemat waktu bagi individu yang membutuhkan konseling. Keuntungan lain dengan adanya konseling online ini adalah bagi klien yang malu untuk berbicara dengan bertatap muka langsung oleh psikolog. Dengan adanya konseling online, bagi klien yang memiliki tipe seperti itu akan lebih memaksimalkan proses penanganannya.

Sumber : 

http://oktintia.wordpress.com/2012/10/14/pengenalan-pengantar-sistem-informasi-psikologi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar