Minggu, 01 April 2012

Model Rentang Kehidupan Perkembangan Kognitif


haaai .. terima kasih ya sebelumnya kalian sudah mau membuka blog saya dan membaca tentang model rentang kehidupan ini , terlebih jika kalian berkomentar ^_^ …

Kali ini saya akan membahas tentang model rentang kehidupan perkembangan kognitif K. Warner Schaie , kita mulai yaa

Model rentang kehidupan K. Warner Schaie tentang perkembangan kognitif melihat penggunaan intelek yang berkembang dalam suatu konteks sosial. Ketujuh tahapnya berkisar pada beberapa tujuan yang muncul pada berbagai tahap kehidupan. Tujuan-tujuan ini bergerak dari pemerolehan informasi dan keterampilan (apa yang perlu saya ketahui) ke integrasi praktis dari pengetahuan dan keterampilan (mengapa saya harus tahu). Tujuh tahap tersebut dalah sebagai berikut :

1.      Acquisitive stage-tahap pemerolehan (masa anak-anak dan remaja)
Tahap pertama dari tujuh tahap kognitif Schaie, dimana anak dan remaja memperoleh informasi dan keterampilan terutama hanya sekedar mendapatkannya atau sebagai persiapan untuk turut serta di dalam masyarakat.

2.      Achieving stage-tahap pencapaian (akhir masa remaja atau awal dua puluhan hingga awal tiga puluhan)
Tahap kedua dari tujuh tahap kognitif Schaie, dimana dewasa awal menggunakan pengetahuan untuk memperoleh keahlian dan kemandirian. Mereka menggunakan pengetahuan yang mereka miliki untuk mengejar tujuan, seperti karier dan keluarga.

3.      Responsible stage-tahap tanggung jawab (akhir tiga puluhan hingga awal enam puluhan)
Tahap ketiga dari tujuh tahap kognitif Schaie, di mana individu paruh baya memikirksn tujuan jangka panjang dan masalah-masalah praktis yang berkaitan dengan tanggung jawab mereka terhadap orang lain, seperti anggota keluarga dan karyawan.

4.      Executive stage-tahap eksekutif (tiga puluhan atau empat puluhan hingga setengah baya)
Tahap keempat dari tujuh tahap kognitif Schaie, dimana individu paruh baya bertanggung jawab paad system sosial, menghadapi hubungan kompleks pada banyak tingkat.

5.      Reorganizational stage-tahap reorganisasional (akhir paruh baya, masa awal dewasa akhir)
Tahap kelima dari tujuh tahap kognitif Schaie, dimana individu dewasa memasuki masa pensiun dan mereorganisasikan hidup mereka sekitar aktivitas yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

6.      Reintegrative stage-tahap reintegrasi (dewasa akhir)
Tahap keenam dari tujuh tahap kognitif Schaie, dimana individu dewasa yang lebih tua memilih untuk memfokuskan energinya yang terbatas pada tugas-tugas yang bermakna bagi mereka.

7.      Legacy-creating stage-tahap penciptaan warisan (lanjut usia)
Tahap terakhir ini, dimana individu lanjut usia mempersiapkan kematian dengan merekam cerita hidupnya dan mulai mendistribusikan barang-barang miliknya sebagai warisan bagi orang-orang yang mereka cintai. Tugas-tugas ini melibatkan pelatihan kompetensi kognitif dalam konteks sosial dan emosional.

Sekian pembahasan kali ini , terima kasih ya kawan …

Sumber : Papalia, D dan Olds. 2009. Human development perkembangan manusia. Jakarta : Salemba Humanika

3 komentar: