Minggu, 01 April 2012

Tips-tips Mempertahankan Keindahan Rambut

Kali ini saya akan membagi tips-tips penting untuk perempuan dalam menjaga keindahan rambutnya ..

Rambut bagi perempuan sangat penting dalam hal penampilan , begitupun dengan perempuan yang memakai jilbab. Mereka juga akan menjaga rambutnya agar tidak rontok , berketombe dan tetap hitam berkilau ..

Kita mulai dengan tips menghitamkan rambut ya..
Tips menghitamkan rambut
Tips 1 : Sediakan beberapa kemiri yang masih gelodongan , lalu di sangria hingga kecoklatan dan mengeluarkan minyak. Kemudian biarkan hingga kemirinya dingin, baru setelah dingin gunakan dengan cara mengosok-gosokkan kemiri tersebut pada kulit kepala dan rambut. Diamkan beberapa saat dan setela itu bilas dengan air bersih.  
Tips 2 : Haluskan 1 butir telur dan ½ buah alpukat. Kemudian blenderlah sampai halus atau menjadi pasta. Oleskan ramuan tersebut pada seluruh bagian rambut, di mulai dengan kulit kepala hingga ke batang rambut. Lalu bungkuslah rambut dengan menggunakan penutup kepala mandi plastic. Setelah kurag lebih 30 menit , bersihkan rambut dengan air hangat dan di lanjutkan dengan menggunakan shampo dan bilas sampai bersih. 

Tips mencegah kerontokan  
Tips 1 : Sediakan 2 sendok makan sirup gula , 2 sendok the agar-agar tanpa rasa , 1 sendok the susu segar dan 1 sendok tet the basi. Campurkan semua bahan-bahan menjadi satu di dalam sebuah wadah dan aduk hingga rata. Kemudian oleskan campuran bahan tersebut pada rambut dengan cara menyisirkannya. Tutupi rambut dengan plastic dan balut dengan handuk. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat dan di lanjutkan keramas.
Tips 2 : Menghindari asupan vitamin A yang berlebihan , menghindari bleach rambut , member minyak pada kulit kepala dan menggunakan conditioner protein. Hal lain yang perlu di perhatikan adalah jangan tidur dengan membiarkan rambut terikat atau bando menempel karena itu menyebabkan terjadinya kerontokan. 

Tips menghilangkan ketombe
Tips 1 : Siapkan potongan jeruk nipis , usapkan potongan jeruk nipis tersebut pada rambut setiap kali sebelum keramas dan biarkan kurang lebih 20 menit. Gunakan secara teratur dan ketombe pun akan hilang.
Tips 2 : Yoghurt bisa digunakan sebagai penghilang ketombe. Dengan cara : basahi rambut anda. Kemudian ambil yoghurt dan pijatkan pada kulit kepala. Biarkan sampai 10 hingga 15 menit dan bilas hingga bersih.
Tips 3 : Sediakan teh hijau dua kantong celup, lalu seduh dengan air panas dan diamkan hingga 3 menit. Setelah dingin pijatkan pada rambut dan kulit kepala secara perlahan. Biarkan selama semalaman. Lakukanlah hal tersebut 3 hari berturut-turut untuk mendapatkan hal yang maksimal. 

Tips untuk merawat rambut berkerudung 
a.       a. cucilah rambut secara teratur dengan menggunakan air dingin.
b.      b. Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis rambut.
c.       c. Jangan lupa gunakan kondisioner pada batang rambut
d.      d. Gunakan vitamin rambut setiap malam menjelang tidur
e.      e. Pakai lidah buaya seminggu sekali bila terjadi kerontokan
f.       f. Creambath secara teratur dua minggu selalu
g.      g. Sebelum memakai kerudung usahakan rambut dalam keadaan kering

Sumber : Novita, W. 2009. Buku pintar merawat kecantikan di rumah. Jakarta : PT. Gramedia pustaka utama

6 komentar: